25 Franchise Terlaris di Indonesia Hingga Saat Ini

25 Franchise Terlaris di Indonesia Hingga Saat Ini

Franchise terlaris di indonesia sangat banyak, karena ini adalah bentuk kerjasama antara pemilik franchise (franchisor) dengan pihak terkait (franchisee) untuk menjalankan bisnis dengan merek dan model bisnis yang sudah ada. Dalam hal ini, franchisee membayar sebuah biaya royalti kepada franchisor untuk bisa mendapatkan hak khusus dalam membuka usaha waralaba.

Ini artinya franchisee dapat menjalankan bisnis dengan menggunakan merek dagang, produk, dan dukungan operasional yang sudah terbukti dari franchisor. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko yang biasanya terkait dengan memulai bisnis dari awal, karena franchisee mendapatkan panduan dan bimbingan dari franchisor yang sudah memiliki pengalaman.

Franchise terlaris di indonesia dapat ditemukan dalam berbagai bidang industri, mulai dari makanan, minuman, dan lain sebagainya. Setiap waralaba franchise di indonesia memiliki perjanjian khusus, termasuk persyaratan modal, royalti, dukungan, pelatihan, dan lain-lain. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang franchise di indonesia, silahkan simak daftar berikut ini.

Daftar Franchise Terlaris Saat Ini!

Dalam jenisnya, waralaba terdiri dari beberapa kategori berdasarkan bidang cakupannya, berikut diantaranya:

1. Franchise Makanan dan Minuman

Waralaba di bidang makanan dan minuman adalah yang paling populer. Ini termasuk restoran, kafe, dan gerai makanan cepat saji. Beberapa contoh terkenal termasuk McDonald’s, Starbucks, dan Domino’s Pizza.

2. Franchise Pendidikan

Bidang pendidikan juga menawarkan peluang waralaba yang menarik. Sekolah-sekolah dan lembaga pelatihan seringkali menawarkan waralaba. Ini mencakup taman kanak-kanak, pusat kursus, dan bahkan perguruan tinggi terkemuka.

3. Franchise Kebugaran

Jenis waralaba ini berkaitan dengan kebugaran, seperti tempat gym, studio yoga, lapangan futsal, dan lain-lain. Banyak orang semakin peduli akan kesehatan mereka, membuat jenis waralaba ini semakin menarik.

4. Franchise Retail

Franchise retail mencakup berbagai jenis toko, mulai dari pakaian hingga barang elektronik. Anda dapat memilih untuk berinvestasi dalam waralaba dengan merek terkenal atau toko lokal yang mapan.

5. Franchise Keuangan

Waralaba di sektor keuangan termasuk lembaga perbankan dan asuransi. Meskipun mungkin memerlukan modal awal yang besar, jenis ini bisa sangat menguntungkan dalam jangka panjang.

6. Franchise Perhotelan

Industri perhotelan menawarkan peluang waralaba di hotel, penginapan, dan bahkan layanan penyewaan liburan. Ini cocok bagi mereka yang tertarik dengan industri perjalanan dan pariwisata.

7. Franchise Otomotif

Bagi yang memiliki minat dalam otomotif, ada juga waralaba yang menawarkan layanan perawatan kendaraan, penjualan mobil, dan bengkel. Bisnis ini tetap stabil karena kendaraan selalu dibutuhkan.

8. Franchise Teknologi

Waralaba di sektor teknologi mencakup toko perangkat elektronik, layanan reparasi, dan penyedia layanan internet. Semakin meningkatnya ketergantungan pada teknologi membuat jenis ini semakin menjanjikan.

9. Franchise Cleaning Services

Layanan kebersihan seperti laundry dan pembersihan rumah adalah jenis-jenis waralaba yang stabil. Kualitas layanan yang konsisten dapat membangun basis pelanggan yang setia.

10. Franchise Kecantikan

Industri perawatan kecantikan dan kesehatan diri terus berkembang. Waralaba dalam bidang ini mencakup salon kecantikan, spa, dan klinik kecantikan.

11. Franchise Peternakan

Bagi yang tertarik pada pertanian dan peternakan, terdapat waralaba yang menawarkan peluang di sektor ini. Ini termasuk usaha peternakan dan penjualan produk pertanian.

12. Franchise Hiburan

Waralaba hiburan mencakup bisnis seperti pusat hiburan keluarga, bioskop, dan tempat hiburan dewasa. Ini adalah jenis yang dapat menghibur dan menghasilkan pendapatan.

13. Franchise Bahan Bakar

Industri minyak dan gas juga memiliki waralaba, terutama dalam hal bahan bakar dan perawatan kendaraan komersial. Ini memerlukan investasi yang signifikan tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

14. Franchise Services

Jenis waralaba satu ini mencakup layanan profesional, seperti hukum, akuntansi, dan konsultasi bisnis. Waralaba ini adalah pilihan yang baik, jika Anda memiliki keahlian khusus di bidang tertentu.

15. Franchise Lingkungan

Waralaba yang berfokus pada lingkungan semakin populer, dengan banyak perusahaan yang berupaya menjadi lebih berkelanjutan. Ini mencakup bisnis seperti daur ulang dan produk ramah lingkungan.

16. Franchise Transportasi

Industri perjalanan dan transportasi menyediakan peluang dalam agen perjalanan, penyewaan mobil, dan layanan transportasi pribadi. Perjalanan selalu menjadi industri yang stabil.

17. Franchise E-Commerce

E-commerce adalah tren yang terus berkembang. Anda dapat berinvestasi dalam waralaba e-commerce yang menjual berbagai produk secara online.

18. Franchise Fashion

Jika Anda memiliki minat dalam dunia model, waralaba pakaian dan aksesori mungkin cocok untuk Anda. Sektor bisnis ini mencakup toko pakaian, toko sepatu, dan lainnya yang berbau fashion.

19. Franchise Katering

Waralaba di bidang katering adalah pilihan bagus jika Anda memiliki bakat kuliner. Anda dapat menyediakan layanan katering untuk berbagai acara.

20. Franchise Pet Care

Bisnis yang berkaitan dengan hewan peliharaan seperti penitipan hewan, toko hewan peliharaan, dan layanan perawatan hewan peliharaan juga termasuk dalam jenis-jenis waralaba ini.

21. Franchise Furniture

Jika Anda memiliki minat dalam dekorasi rumah dan perabotan, waralaba di sektor ini menawarkan peluang untuk berinvestasi dalam bisnis furnitur dan dekorasi rumah.

22. Franchise Manufaktur

Waralaba manufaktur dan distribusi mencakup produksi dan distribusi produk tertentu. Ini bisa menjadi peluang yang menarik jika Anda memiliki latar belakang di bidang ini.

23. Franchise Perhiasan

Jenis waralaba yang satu ini juga mencakup bisnis perhiasan, termasuk toko perhiasan dan perusahaan perhiasan kustom. Waralaba satu ini cukup menarik untuk Anda tekuni.

24. Franchise Internasional

Jika Anda memiliki ambisi internasional, beberapa waralaba menawarkan kesempatan untuk beroperasi di luar negeri. Ini adalah jenis yang menuntut, tetapi juga dapat menghasilkan keuntungan besar.

25. Franchise Sosial

Waralaba sosial bertujuan untuk memberikan dampak sosial positif. Ini mencakup bisnis yang berfokus pada pemberdayaan komunitas dan memberikan manfaat sosial.

*Baca Juga: Daftar Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta, Sangat Murah!

Contoh Franchise Terlaris di Indonesia

Ada beberapa contoh franchise terlaris di indonesia yang bisa kamu coba, berikut diantaranya:

1. Lotte Grosir

Lotte Grosir merupakan bagian dari Lotte Mart Indonesia yang bekerja sama dengan waralaba toko Mitra Usaha Kita-Kita (TMUK). Program TMUK membidik warung-warung tradisional untuk diubah menjadi minimarket.

2. Indomaret

Indomaret adalah sebuah minimarket yang berdiri pada tahun 1988. Motto utamanya, yaitu “Mudah dan Hemat”. Dana investasi yang harus di siapkan untuk membuka franchise indomaret sekitar 394 juta.

3. Alfamart

Alfamart adalah minimarket yang dioperasikan oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya, Tbk, dan berdiri pada tahun 1989 dengan Motto “Belanja Puas Harga Pas”. Untuk memperluas minimarket, Alfamart membuka program waralaba.

4. Alfamidi

Memiliki nama hampir sama dengan Alfamart, Alfamidi berkembang lebih pesat. Alfamidi di dirikan pada tahun 2007, kini sudah mencapai 1.300 minimarket yang tersebar di Indonesia dari perkotaan sampai pedesaan.

5. Socamart

Socamart adalah perusahaan yang menawarkan jaringan retail berbasis waralaba. Jaringan ini memiliki konsep “ekonomi berbagi” yang mengutamakan peran tiap individu tanpa batasan apa pun, baik modal maupun keahlian.

6. Yomart

Yomart minimarket terpopuler yang sudah mencapai 250 toko di Indonesia. Yomart terus memperluas jaringan retailnya dengan menawarkan program waralaba minimarket yang menyediakan jenis gerai EC Store.

7. Waralaba OMI

Indogrosir berhasil mengembangkan gerai lewat waralaba merek OMI. Pembinaan Indogrosir terhadap toko tradisional membuahkan hasil dan sudah terbukti bisa dimiliki oleh badan usaha maupun perorangan sekalipun.

Waralaba adalah cara terbaik untuk memulai bisnis dengan merek yang sudah ada. Dengan franchise terlaris di indonesia, Anda bisa menentukan sendiri mana yang ingin dipilih untuk memulainya di tahun baru 2024.

*Baca Juga: Ketahui Apa Itu Waralaba, Contoh, dan Jenis-Jenisnya

FAQ

Bagaimana memilih franchise yang sesuai untuk saya?

Franchise terlaris di indonesia yang sesuai harus dipertimbangkan berdasarkan minat dan modal. Lakukan riset pasar dan kompetisi di bidang tersebut.

Berapa modal untuk memulai bisnis franchise di Indonesia?

Modal awal bervariasi, tergantung jenis-jenis waralaba yang Anda pilih. Akan tetapi, pastikan Anda memahami biaya operasional lainnya saat akan memulai.

Apakah ada risiko dalam memulai bisnis franchise di Indonesia?

Ya, seperti bisnis pada umumnya, waralaba juga memiliki risiko. Namun, dengan dukungan merek yang kuat dan sudah teruji, risikonya cenderung lebih rendah.

Bagaimana cara mendapatkan dukungan dari pemilik franchise?

Pemilik waralaba biasanya menyediakan pelatihan, panduan, dan dukungan operasional. Pastikan Anda memanfaatkan sumber daya ini untuk bisa sukses.

Bisakah menjalankan lebih dari satu jenis franchise sekaligus?

Sangat bisa, beberapa orang menjalankan jenis waralaba sekaligus. Namun, Anda harus memiliki sumber daya yang cukup untuk mengelola bisnis tersebut.

Bagaimana menilai kesuksesan franchise yang saya miliki?

Kesuksesan franchise terlaris di indonesia dapat diukur melalui profitabilitas, pertumbuhan bisnis, kepuasan pelanggan dan metrik kinerja secara teratur.

Open chat
Scan the code
Make Money Work For You
Halo Investor Yth,
Ada yang bisa kami bantu?