Berapa Modal Usaha Kos Kosan? Cek Disini!

Berapa Modal Usaha Kos Kosan? Cek Disini!

Berapa Modal Usaha Kos Kosan? Untuk membangun kos-kosan, Anda harus menyiapkan modal untuk membeli tanah, pembangunan, ijin, dan inventaris lainnya. Selain itu, ada juga biaya operasional yang harus dipertimbangkan, seperti biaya listrik, air, keamanan, pemeliharaan, dan tenaga kerja.

Merencanakan modal usaha kos kosan yang cukup adalah langkah penting untuk memastikan kesuksesan bisnis jangka panjang. Penting untuk melakukan riset pasar dan menghitung biaya dengan cermat sebelum memulai bisnis. Anda bisa membaca artikel ini untuk mengetahui estimasi modal usaha kos kosan.

Modal Usaha Kos Kosan

Pertama-tama, Anda perlu merencanakan modal pembelian atau pembangunan properti. Anda harus mencari lokasi yang strategis dan sesuai dengan target pasar Anda. Pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui preferensi dan kebutuhan calon penyewa. Setelah itu, hitung biaya pembelian atau pembangunan properti yang diperlukan.

Selanjutnya, Anda perlu mempertimbangkan biaya renovasi, peralatan, dan fasilitas. Jika Anda memutuskan untuk membeli properti bekas. Maka biaya renovasi dan perbaikan untuk kos-kosan akan menjadi bola besar yang harus dikeluarkan untuk memenuhi standar kenyamanan yang diinginkan penyewa.

Renovasi bangunan harus memenuhi standar keselamatan dan kenyamanan bagi penghuni kos-kosan. Peralatan dan fasilitas yang diperlukan antara lain kulkas, AC, kasur, meja dan kursi belajar, kamar mandi, dapur, dan area parkir.

Terakhir, Anda perlu menyusun anggaran biaya operasional seperti listrik, air, pemeliharaan, dan tenaga kerja. Anda harus menghitung biaya-biaya ini dengan cermat untuk mengetahui apakah bisnis kos-kosan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup untuk menutupi biaya operasional.

Jika Anda ingin membangun kos-kosan dari nol, maka perkiraan modal yang diperlukan dapat dihitung seperti berikut ini. Luas tanah 120 m2, luas kamar kost 3×4 m2, harga sewa tukang untuk membangun kamar kos Rp. 3.000.000, anggaplah harga tanahnya Rp. 1.000.000 juta per meter.

Maka, modal untuk membangun usaha kos kosan yang perlu Anda siapkan:

  • Biaya pembelian tanah: 120 m2 x Rp. 1.000.000 = Rp. 120.000.000
  • Biaya membangun per kamar: 12 m2 x Rp. 3.000.000 = Rp. 36.000.000
  • Biaya membangun untuk 10 kamar kost: Rp. 36.000.000 x 10 kamar = Rp. 360.000.000
  • Total biaya tanah dengan 10 kamar: Rp. 120.000.000 + Rp, 360.000.000 = Rp. 480.000.000

Setelah membangun kosan, masih ada beberapa biaya operasional yang harus dipertimbangkan, seperti biaya listrik, air, keamanan, pemeliharaan, dan tenaga kerja. Berikut adalah estimasi biaya operasional bulanan:

  1. Biaya listrik dan air: sekitar Rp2.500.000 per bulan, tergantung pada konsumsi listrik dan air di kos-kosan.
  2. Keamanan: biaya untuk mempekerjakan satu orang penjaga keamanan sekitar Rp2.000.000 per bulan.
  3. Pemeliharaan: biaya pemeliharaan seperti perbaikan AC, kamar mandi, dan hal-hal kecil lainnya, sekitar Rp500.000 per bulan.
  4. Tenaga Kerja: bila mempekerjakan asisten atau petugas kebersihan, biaya sekitar Rp1.200.000 – Rp2.500.000 per bulan tergantung jumlah karyawan dan tanggung jawab yang diberikan.

Jadi, sebagai perkiraan biaya operasional bulanan, sekitar Rp6.200.000 – Rp8.700.000. Namun, biaya operasional bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada lokasi dan fasilitas yang diberikan.

*Baca Juga: Keuntungan Investasi Bisnis Kost dan Simulasinya

Balik Modal Usaha Kos Kosan

Pendapatan yang dihasilkan dari usaha kos-kosan tergantung pada harga sewa yang ditentukan. Harga sewa ditentukan berdasarkan faktor, seperti lokasi, fasilitas, dan persaingan di pasar. Semakin tinggi harga sewa yang dapat Anda tetapkan, semakin cepat Anda dapat mengembalikan modal usaha.

Biaya operasional, seperti listrik, air, keamanan, dan pemeliharaan sangat mempengaruhi keuntungan yang dihasilkan. Semakin efisien biaya operasional yang dapat dikelola, semakin besar margin keuntungan yang dapat Anda peroleh, sehingga mempercepat proses balik modal loh.

Tingkat okupansi adalah persentase ruangan yang disewakan dalam periode tertentu. Semakin tinggi tingkat okupansi, semakin cepat Anda dapat mengembalikan modal usaha. Upaya pemasaran yang efektif dan menyediakan fasilitas yang baik dapat membantu meningkatkan tingkat okupansi.

Durasi balik modal tergantung pada berapa lama modal usaha telah dikembalikan dan tergantung pada investasi awal dan pendapatan yang dihasilkan. Secara umum, balik modal usaha kos kosan dapat berkisar antara 3-7 tahun, tergantung pada faktor-faktor di yang telah kami sebutkan.

Apabila harga sewa kamar kost yang Anda tetapkan Rp. 800.000, maka lama waktu yang dibutuhkan supaya balik modal adalah 5 tahun. Untuk perhitungannya adalah sebagai berikut: Modal Rp. 480.000.000 : 10 Kamar = Rp. 48.000.000 juta, lalu Rp. 48.000.000 : Rp. 800.000 = 60 (5 tahun)

Perhitungan ini bisa disesuaikan dengan modal yang Anda keluarkan dan biaya sewa yang Anda berikan. Perhitungan kami ini hanya menghitung modal pembangunan dan lahan saja belum termasuk biaya operasional.

*Baca Juga: Tips Memulai Usaha Kos Kosan Secara Lengkap

Usaha Kos Kosan dengan Biaya Rendah

Jika Anda ingin membangun usaha kos kosan dengan modal terjangkau, Anda bisa investasi bisnis kost bersama franchisebisniskost.com. Dengan melakukan investasi properti kost dengan kami, Anda akan mendapat bantuan dan dukungan dalam memiliki bisnis kost yang sesuai untuk Anda.

Kami memberikan dukungan dan bantuan kepada Anda saat akan memulai usaha kos-kosan. Hal ini termasuk pengurusan operasional, pengurusan SDM, perencanaan strategi untuk menjalankan bisnis kost dan laporan bulanan.

Dengan kami, Anda juga dapat memanfaatkan skala ekonomi untuk membeli lahan dan bahan material yang lebih murah. Selain itu, kepemilikan sertifikat atas nama Anda sendiri. Sertifikat kepemilikan properti menjadi bukti yang sah, bahwa Anda adalah pemilik resmi dari Indekos tersebut.

Tim kami akan memberikan laporan bulanan kepada Anda terkait usaha kos yang dijalankan. Anda bisa memantau dari handphone, dan untuk penghasilan bulanan dari hasil uang sewa akan langsung masuk ke rekening pribadi Anda!

Open chat
Scan the code
Make Money Work For You
Halo Investor Yth,
Ada yang bisa kami bantu?