Adakah Bisnis Franchise Alternatif yang Mudah Seperti Waralaba Minimarket?

Adakah Bisnis Franchise Alternatif yang Mudah Seperti Waralaba Minimarket?

Banyak orang memandang waralaba minimarket seperti Seven Eleven, Alfamart dan Indomaret bisa hasilkan keuntungan besar. Namun, banyak tantangan dalam mengelola usaha seperti ini. Karena merepotkan, ide – ide alternatif usaha lain muncul. Apa ide usaha alternatif yang sama – sama hasilkan uang banyak tapi tidak repot mengurus minimarket?

Pahami Kelebihan dan Kelemahan Franchise Waralaba Sebelum Cari Alternatif

Sebelum membahas alternatifnya, Anda harus pahami dulu apa yang menyebabkan waralaba minimarket menarik dijalani. Setelah belajar aspek kelebihan dan kekurangan ini, barulah mencari usaha alternatif dengan aspek yang sekiranya mirip dengan info tersebut!

Kelebihan Franchise Waralaba

Salah satu kelebihan menonjol pada franchise waralaba adalah syarat yang ringan. Jika Anda perhatikan, syarat daftar di waralaba Indomaret hanya meliputi:

  • WNI
  • Punya tempat minimal 120 sampai 200 meter persegi.
  • Memiliki kelengkapan dokumen seputar izin usaha minimarket. Syarat ini meliputi punya surat IMB/PBG, NPWP berlaku, POK, izin dari hasil test alat, surat izin lingkungan, NIB dan SPPW.
  • Tidak perlu bayar banyak lagi setelah kontrak selesai disetujui.

Setelah semua syarat terpenuhi, Anda tinggal operasikan minimarket ini. Pastikan punya banyak staf yang siap berperan dalam logistic dan pelayanan agar mudah mengurus keuntungan dan inventory.

Kelebihan lain dari franchise ini adalah kepastian untung. Indomaret di seluruh Indonesia selalu digunakan masyarakat dan rutin menghasilkan uang. Orang bahkan memilih belanja di brand waralaba yang sudah dikenal dibandingkan harus memilih toko lokal untuk sekedar beli minum atau beli snack.

Kelemahan Franchise Waralaba

Aspek positif sayangnya diikuti juga aspek negative. Untuk bicara kekurangan waralaba minimarket lebih jelas, mari lihat penjelasan berikut

  • Terikat aturan yang cukup ketat. Alfamart dan Indomart memiliki kontrol khusus soal penyediaan barang dan juga aturan – aturan logistic seputar waralaba. Jika tidak bisa ikuti hal ini, usaha franchise waralaba akan dapat warning dan bahkan dicabut penggunaan brand-nya.
  • Terbatas dalam memberi sentuhan bisnis sendiri. Walaupun Anda memiliki kreativitas tinggi dalam bisnis, prakteknya akan dibatasi dalam hal franchise waralaba. Anda tidak bisa asal susun  desain interior ataupun décor tanpa konsultasi dengan pemilik brand waralaba.
  • Operasi waralaba yang sukses membutuhkan staff yang baik. Biasanya pihak waralaba akan carikan staff untuk hal ini, namun ada juga kasus Anda harus bantu menyeleksi dan menyediakan staf sendiri. Hal ini umum terjadi di waralaba pada daerah – daerah terpencil

Kesimpulan dalam Perbandingan

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan di atas, dapat disimpulkan bahwa aspek kemudahan dan pasti untung dari usaha franchise waralaba adalah hal yang paling penting. Dari kekurangan di atas, dapat dilihat, banyak orang yang tidak begitu tahu dalam pengurusan bisnis waralaba pasti senang lepas tangan dalam pengaturan bisnis ini.

Alternatif yang Paling Pas Adalah Franchise Kos Kosan

Dari pemahaman di atas, usaha yang paling cocok sebagai alternatif adalah Franchise kos kosan. Usaha ini tidak memerlukan Anda turun tangan mengatur banyak hal. Operator bisnis franchise akan kelola properti yang Anda miliki hingga menjadi kosan yang sukses. Selain itu, pendapatan kos cukup besar jika dikelola baik. Apalagi untuk kos dengan lokasi yang strategis. Jadi Anda hanya perlu siapkan properti dan santai menunggu pemasukan dari pengelolaan properti Anda. Bagaimana? Menarik bukan alternatif usaha ini? Bagi yang takut memilih usaha waralaba minimarket, gunakan saja properti yang akan dijadikan waralaba menjadi kos. Opsi usaha kos – kosan penghasil pemasukan otomatis pasti menarik bagi Anda yang ingin pendapatan pasif tanpa repot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Scan the code
Make Money Work For You
Halo Investor Yth,
Ada yang bisa kami bantu?