Investasi Bisnis Kos, Mari Cari Tahu Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Memulainya

Investasi Bisnis Kos, Mari Cari Tahu Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Memulainya

Properti adalah salah satu instrumen investasi paling banyak peminatnya di masyarakat Indonesia. Tak terbatas gender dan usia, properti sudah jadi impian serta menjadi wishlist bagi hampir semua orang. Kerap kali didapati bahwa seseorang bekerja serta berbisnis karena termotivasi untuk mempunyai properti yang nyaman dan indah untuk ditinggali bersama keluarga. Banyak pula yang ingin tambah properti untuk berbisnis yang menguntungkan.

Jika Anda sekarang sudah mempunyai properti, dibandingkan Anda jual dengan harga yang murah, Anda bisa menjadikannya sebagai bisnis. Anda sangat banyak bisnis properti potensial sekarang ini. Salah satunya adalah investasi bisnis kos.

Mungkin sebagian Anda berpikir jika saat ini bisnis kos sedang terpuruk. Namun, hal tersebut tak sepenuhnya benar. Seiring dengan perekonomian nasional yang mulai bangkit kembali, di mana aktivitas bisnis mulai berjalan seperti biasa, maka aktivitas bisnis akan normal kembali. Dengan kreativitas, Anda bisa membangun serta membuat desain kos menarik. Apalagi sekarang ini masyarakat sudah semakin terbiasa dengan kondisi pandemi. Hal tersebut membuat banyak orang yang mulai bekerja lagi dan kembali menyewa kamar kos jika merupakan perantau ataupun jarak rumah dengan tempat kerja cukup jauh. Pastinya ini membuat peluang bisnis kost kembali menggeliat.

Terlepas dari modal bisnis kost kostan di awal yang cukup besar, bisnis ini terbukti menjanjikan sekali dengan keuntungan jangka panjang. Jika Anda masih merasa cukup ragu untuk memulai bisnis ini, mari pahami dulu sejumlah kelebihan dari investasi kos.

Sejumlah Kelebihan Bisnis Kos

  • Penghasilan Jangka Panjang

Bisnis rumah kost yang menggiurkan salah satu keuntungannya adalah penghasilan jangka panjang. selama rumah kos berdiri dan memiliki banyak penghuni, maka Anda akan terus dapatkan keuntungan.

Jika tempat kos ada di lokasi strategis, maka kemungkinan besar kos Anda akan terisi terus bahkan sampai bertahun-tahun.

  • Peminat yang Cukup Banyak

Salah satu kunci memulai usaha kos kosan yang sukses adalah memilih lokasi strategis. Namun meskipun lokasi rumah kos tak terlalu strategis, akan ada peminatnya selalu untuk kos. Selama harga sewa yang bersaing dan fasilitas memadai, maka Anda dapat menarik minat dari para calon penghuni kos.

  • Bangunan yang Lebih Terawat

Keuntungan usaha kos kosan selanjutnya adalah karena bangunan yang senantiasa terawat baik jika dibandingkan rumah kontrakan, karena biasanya memerlukan sejumlah perbaikan yang rutin seperti listrik, air, cat tembok, serta atap.

Beda dengan rumah kontrakan yang penghuninya belumlah tentu peduli tentang perawatan rumah. Sehingga apabila sewaktu-waktu Anda ingin jual bangunan itu, maka dapat terjual dengan harga tinggi sekali karena kondisi yang baik sekali.

  • Capital Gain yang Tinggi

Menjadi properti menjanjikan, rumah kos pastinya mempunyai nilai jual lagi yang lebih tinggi dibandingkan nilai awal. Ini pun membuat peluang usaha rumah kost diminati sekali oleh para pembeli baru karena paham modal awal akan kembali lagi nanti. Rumah kos pun merupakan investasi Anda yang dapat diwariskan ke anak dan cucu nantinya.

Selain keuntungan, setiap bisnis pasti mempunyai kekurangan, begitu pula dengan bisnis kos. Berikut ini beberapa kekurangan bisnis kos.

Kekurangan Bisnis Rumah Kos

  • Terlambat Bayar Iuran Kos

Salah satu masalah bisnis kos adalah penghuni yang terlambat membayar uang sewa kos. Pasalnya, kebanyakan dari penghuni kos adalah mahasiswa yang belum punya penghasilan sendiri serta masih andalkan kiriman uang orang tua. Lalu, juga para karyawan yang punya penghasilan tak terlalu tinggi. Oleh karena itu, Anda harus punya aturan yang tegas dan jelas.

  • Pengawasan yang Kurang

Sering kali pemilik kos kesulitan untuk mengawasi tiap penghuni kos. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya hal tak diinginkan seperti kriminalitas serta terorisme. Hal tersebut membuat reputasi dari rumah kos jadi butuk di mata masyarakat, penghuni kos lain, serta calon penghuni kos yang baru.

Untuk antisipasi hal-hal tersebut terjadi, maka penting untuk Anda ketahui identitas serta motivasi calon penghuni kos sebelum Anda menerimanya menyewa kamar kos. Jika perlu Anda dapat bayar orang untuk menjaga selalu rumah kos. Misalnya saja, Anda bisa menyewa security.

Begitulah untung rugi bisnis kos yang perlu diketahui jika Anda masih ragu untuk jalankan bisnis ini. Apabila Anda tertarik untuk investasi bisnis kos, Anda bisa mengikuti tips atau cara memulai bisnis tersebut yang berikut ini.

Cara Mulai Bisnis Kos

  • Pilih Bangunan Tepat

Baik membangun sendiri ataupun Anda beli rumah kos yang jadi, Anda harus kenali serta perhatikan tiap detail bangunan. Pastikan jika kondisi bangunan layak ditempati, sehingga Anda tak perlu untuk lakukan renovasi ulang.

Selain itu, jika Anda beli rumas kos dari orang lain, baik dari pengembang ataupun perorangan, sebaiknya untuk cek semua hal yang terkait dengan legalitas bangunan. Jangan sampai, Anda beli bangunan yang dalam sengketa. Oleh sebab itu, akan bisa rugikan Anda sendiri.

  • Mengenal Jenis dari Properti

Sebelum Anda putuskan untuk buat kos-kosan, Anda harus mengenali dulu properti, apakah bangunan cocok jika dijadikan rumah kos. Hal itu mengingat kos-kosan butuhkan banyak kamar berukuran standar serta fasilitas. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik jenis properti Anda.

  • Bangun Konsep yang Unik

Strategis bisnis kos-kosan yang dapat menarik minat dari para calon penghuni, lebih baik jika Anda bangun kos yang berdesain unik dan menarik. Hunian berkonsep industrial serta minimalis belakangan ini sedang sangat diminati karena dinilai aesthetic.

  • Pilihlah Lokasi yang Strategis

Tips bisnis kos-kosan yang berikutnya adalah memilih lokasi kos yang strategis. Pada hal ini, strategi dimaksudkan yakni dekat dengan kampus, perkantoran, ataupun sekolah. Semakin lokasi kos strategis, maka calon penghuni yang mengincar kos pun ada banyak.

  • Terlihat Terawat dan Bersih

Tak hanya tentang eksterior serta lingkungan sekitar, tapi Anda pun perlu untuk perhatikan sisi kebersihan serta perawatan bangunan. Calon penghuni biasanya akan suka dengan rumah kos yang bersih serta tak kumuh. Untuk itu, unsur kebersihan bangunan penting sekali bagi para calon penghuni kos.

  • Punya Fasilitas Layak

Harga kos biasanya akan dibanderol sesuai fasilitas diberikan. Fasilitas umum serta layak standar kos paling tidak ada kasur, meja, kursi, dan lemari pakaian. Ada juga rumah kos yang tawarkan kamar mandi dalam dengan fasilitas yang lengkap seperti TV, AC, sampai water heater.

  • Tetapkan Harga Sewa yang Bersaing

Cara berbisnis kos terakhir yakni tetapkan harga sewa yang bersaing. Sebelum Anda tetapkan harga sewa kos, Anda dapat lakukan riset kompetitor lebih dulu. Riset ini di dalamnya meliputi fasilitas, kondisi kos, sampai harga. Jika kira-kira Anda punya kos dengan fasilitas lebih lengkap dibandingkan kos-kos lain di sekitar, maka dapat mematok harga yang lebih tinggi, tapi tetap sesuaikan harga pasaran di lokasi tersebut.

Anda perlu ingat berbisnis kos, Anda juga perlu balik modal awal memulai bisnis. Pasalnya, cukup mustahil ada cara membangun kos tanpa modal.

Demikian pembahasan mengenai keuntungan, kerugian, dan cara mulai investasi bisnis kos yang perlu diketahui. Jika Anda ingin berinvestasi bisnis kos yang lebih mudah, Anda bisa investasi di Franchise Bisnis Kost.

Jika anda tertarik untuk membangun bisnis properti kost, anda bisa belajar dan mengikuti KSI Community, dimana anda akan belajar 2 hari di kelas seminar dan 1 hari praktik beli properti kost langsung di lapangan serta mengunjungi properti kost milik mentor kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Scan the code
Make Money Work For You
Halo Investor Yth,
Ada yang bisa kami bantu?